--> >

cara memasang google adsense di blog wordpress


Apa itu Google Adsense ?
Google AdSense adalah jaringan periklanan milik perusahaan raksasa google yang memberikan kesempatan tehadap  pemilik situs web untuk mendapatkan uang dari konten mereka.tidak hanya web google adsense juga terhubung dengan Youtube & Admob.
Cara kerjanya yaitu sobat menyediakan ruang iklan disitus yang sobat kelola, nantinya iklan tersebut muncul atau dilihat oleh pengunjung situs dan sobat akan dibayar dari setiap tayangan dan klik pada iklannya.
Untuk bisa menayangkan iklan AdSense pada situs, sobat harus mendaftar terlebih dulu di situs resmi Google AdSense. Pada tahun ini untuk dapat diterima dalam program AdSense sangatlah sulit, situs sobat harus memenuhi persyaratan dan kelayakan untuk menayangkan iklan ini.

Disini saya tidak akan menjelaskan lebih lanjut tentang bagaimana cara agar cepat diterima google adsense.
Mengapa Harus Google AdSense?
Dibanding penyedia iklan yang lain, Google AdSense mampu membayar besar untuk klik dan tayangan pada iklan yang tampil di situs. Selain besar bayarannya, berikut adalah beberapa alasan mengapa harus memilih google adsense.

1. Dapat dipasang pada banyak blog
Jika sobat memiliki banyak situs/blog tapi hanya memiliki 1 akun adsense berarti ini bukanlah masalah karena pada satu akun adsense bisa dipakai dibanyak situs.
Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, google adsense kini menerapkan review pada situs yang akan ditambahkan/Add Site. Jika situs sobat yang lain diterima setelah review berarti situs tersebut siap menampilkan iklan. Proses add site biasanya memakan waktu 2 harian sepengalaman saya. ya intinya sekarang kalo mau masang iklan google adsense blog harus dalam keadaan yang layak.

2. Layanan bantuan dan dukungan gratis
Dengan diterimanya situs sobat untuk menampilkan iklan adsense, ini berarti sobat telah resmi menjadi partner google. Untuk mendukung kesuksesan publishernya, google menyiapkan layanan bantuan secara gratis seperti forum untuk mengatasi masalah yang sobat alami.

3. Pembayaran teratur dan tepat waktu
Jika saldo sobat telah memenuhi ambang pembayaran sekitar $100 , berarti sobat akan menerima pembayaran pada bulan depan sekitar tanggal 21-25 pada bulan tersebut.

4. Banyak jenis dan format iklan yang bisa dipakai
Agar iklan bisa sesuai dengan ukuran blog, Google menyediakan banyak ukuran iklan untuk memudahkan publishernya. Jika sobat tidak ingin repot memasang dan menentukan ukuran iklan, sobat bisa memakai iklan otomatis yang telah disediakan.

Setelah kita bahas sedikit tentang alasan mengapa kita harus memilih adsene,kita kembali ke topik utama pembahasan di artikel kali ini.

Cara Memasang Iklan Adsense Di Wordpress

Hal pertama yang harus sobat lakukan adalah pergi ke dashboard adsense
Setelah itu sobat pilih menu Iklan > Unit Iklan. Lalu Buat Unit Iklan Baru, pada bagian ini terdapat 3 pilihan iklan yaitu Iklan Display, Iklan dalam feed dan Iklan dalam artikel.

Iklan Displayiklan ini berperilaku responsif secara default, yaitu otomatis menyesuaikan ukurannya agar sesuai dengan tata letak halaman dan perangkat pengguna Anda.
Iklan dalam feed, iklan yang mengalir secara natural di dalam feed (misalnya, daftar artikel atau produk) yang menawarkan pengalaman pengguna yang baik.
Iklan dalam artikel, iklan yang sesuai dengan sempurna di antara paragraf halaman dapat meningkatkan pengalaman membaca.

Nama iklan: Untuk nama bisa disesuaikan dengan selera/bebas.
Bentuk iklan: Ada 3 bentuk iklan yaitu persegi, horizontal dan vertikal.
Ukuran iklan: Untuk ukuran ada 2 pilihan yaitu responsif dan tetap, pilih saja responsif jika template yang dipakai sobat mobile friendly.
Lalu klik buat untuk mengambil kode iklannya.
Setelah mengklik buat, sobat akan diberi kode iklan yang nantinya akan dipasang di situs wordpress. Jika template sobat valid AMP, bisa pakai kode iklan adsense untuk AMP yang telah disediakan.
Jangan lupa disalin ya kode iklannya.

Memasang Iklan Adsense di WordPress dengan Plugin Ad Inserter
Dengan menggunakan wordpress, sobat disuguhi berbagai macam plugin berguna, salah satunya seperti plugin untuk meningkatkan SEO dan plugin untuk penempatan iklan.
Penempatan iklan adsense tidak bisa asal-asalan karena akan berakibat fatal / banned akun. Google AdSense sendiri menyarankan kita menggunakan plugin seperti ad inserter agar memudahkan kita untuk mengatur posisi iklan yang tepat.

Berikut adalah cara memasang iklan dengan bantuan plugin ad inserter:

Masuk ke wordpress sebagai admin lalu ke menu dashboard,
Klik Plugins > Add New kemudian cari ad inserter.
Setelah ketemu, klik Install Now > Active
Selanjutnya sobat klik Settings > Ad Inserter untuk mulai mengatur penempatan iklan
Masukan kode iklan yang tadi sobat salin ke layar hitam block 1 dan untuk mengatur posisi iklan, sobat bisa lakukan melalui Automatic Insertion.
Menu Automatic Insertion ini bisa mengatur iklan diberbagai posisi seperti bawah postingan, atas postingan, sebelum konten, setelah konten dan masih banyak lagi. Sobat tinggal pilih sesuai selera.
Terakhir, Save All Settings untuk menyimpan pengaturannya.

Gimana mudah bukan? Dengan plugin ad inserter, sobat tidak perlu repot-repot menempatkan kode iklan pada tiap postingan, jadi cukup pasang 1 kode aja udah bisa tampil diseluruh postingan.
Namun apabila sobat ingin menambah jumlah iklan dengan variasi berbeda, tinggal pakai block 2, block 3 dan seterusnya.

0 Response to "cara memasang google adsense di blog wordpress"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel